Menguak Khasiat Kubis, Obati Penyakit


KUBIS (brassica oleracea L) adalah sayuran popular. Beberapa orang menyebutnya kol, kata serapan dari bhs Belanda. Aslinya sayuran ini memang dikenalkan oleh beberapa orang eropa (terlebih Belanda) di saat colonial belanda. Kubis lalu jadi sayuran sehari-hari didapur masyarakat Indonesia sampai saat ini. Walau kubis sering mengakibatkan produksi gas lambung meningkat tetapi kubis sering memberi kesehatan untuk orang yang mengkonsumsinya. 

Manfaat : 

Kubis kaya fitonutrien dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C&K. Ini semua yaitu anti-oksidan alami, yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung, mencegah radikal bebas. Kubis juga adalah sumber yang baik makanan, menyediakan hampir 15% dari asupan makanan harian yang disarankan. Serat begitu utama untuk memastikan system pencernaan tubuh berperan pada tingkat optimal. 

Sayuran ini dapat mengandung zat yang berbentuk melawan kanker, seperti leupol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), idole-3-carbinol (I3C), dan sulforaphane, yang bisa membantu pertahanan enzim serta menghambat perkembangan tumor. Senyawa sulforaphane serta I3C dalam kubis terbukti meningkatkan efek anti kanker dari taxol obat kemoterapi. 

Kubis juga menjadi 


salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut (dimaksud tukak lambung). Satu riset di standford University school of medicine di California menemukan kalau jus kubis begitu efisien dalam menyembuhkan tukak lambung. Karakter anti-radang dari kubis yaitu karena kandungan glutamine tinggi didalamnya. 

Asama amino dan glutamine pada kubis dipercaya bisa membantu mengobati semua jenis peradangan. Karena jumlah tinggi vitamin C, kubis juga dapat membantu memperkuat system kekebalan serta membantu badan melawan radikal bebas. 

Kubis juga tinggi beta-karoten yang membantu melindungi umur berkaitan degenersi macular dan mencegah katarak. Kubis juga pilihan diet yang bagus untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Nah terkait dengan, resep menu di bawah ini dapat dijadikan alternative pilihan. 

Kare Kubis 
Bahan : 

Kubis 
Wortel 
Santan cair 
Daun seledri 
Daun bawang 
Kentang (di rebus) 

Bumbu : 

Bawang putih 
Bawang merah 
Jahe 
Kunyit 
Ketumbar 
Merica 
Sere 
Daun jeruk 
Salam 
Lengkuas 
Cabe merah sedikit 
Garam 
Gula 

Cara Membuat : 

Haluskan bumbu kare kecuali laos dan salam, tumis hingg harum 
Masukan air santan atau santan cair. 
Sesudah mendidih masukkan wortel dan kol 
Masukan juga daun seledri dan daun bawang 
Sajikan hangat-hangat dan sajikan dengan kentang rebus.

 reportaseterkini
Menguak Khasiat Kubis, Obati Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra