Ternyata Labu Siam Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Begini Olahannya


LABU SIAM (sechium edule) atau jipang awalannya didatangkan dari siam (Thailand) dimasa colonial Hindia Belanda. Mulai sejak itu buah ini jadi populer di Indonesia. Labu ini menjdai sayuran sekunder tetapi hampir selalu bisa didapati dipasar. Buahnya biasa di rebus sebentar untuk menghilangkan getahnya lalu dikonsumsi bersama terasi sebagai lalap atau jadi campuran sayur bening dan sayur bobor. 

Manfaat 

Namun tahukah Anda bila buah labu siam ini dapat memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.? Labu Siam mengandung sebagian vitamin serta nutrisi utama. Buah ini mengandung vitamin C, buah sayuran ini dapat mengandung vitmin B komplek, seperti folat beberapa 61mcg serta beberapa kecil niacin, thiamin, fiboflavin, asam pantotenat dan vitamin B6. Vitamin B berperan utama dalam sistem metabolisme tubuh. 

Selain itu buah labu ini dapat mengandung zat mineral seperti zat besi, mangan, fosfor, seng, dan tembaga. Labu siam sama halnya dengan jenis labu yang lain, yaitu salah satu sayuran yang memiliki kandungan kalori rendah dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. 

Kandungan asam folat yang cukup buah ini dapat dikonsumsi oleh wanita yang tengah mengandung. Mengkonsumsi labu siam dalam jumlah yang cukup sebelumnya atau selama awal kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. 

Seperti halnya dengan sayuran dari keluarga labu yang lain seperti zucchini, labu siam juga mengandung kalium yang cukup baik. Kalium berguna utama terlebih untuk melawan efek sodium, yang bila sangat banyak bisa mengakibatkan darah tinggi. 

Labu siam juga mengandung anti-oksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin serta luteolin. Senyawa ini berguna untuk mengikat radikal bebas beresiko pada badan, yang berperan dalam pembentukan kanker, penuaan awal, serta beragam jenis penyakit. Buah labu siam juga adalah sumber anti-oksidan vitamin C yang cukup baik. 

Olahan 

Labu siam atau jipang mudah didapati diwarung-warung penjajah sayuran maupun pasar tradisional, lantaran memanglah bahan ini termasuk sering di buat masakan digabung dengan sayuran lain. Nah menginginkan coba memasaknya sendiri di rumah, silahkan baca resep Labu Siam Kuah Bumbu Tumis tersebut : 

Labu Siam Kuah Bumbu Tumis 
Bahan : 

300 gr labu siam, dipotong panjang 
150 gr tahu putih, dipotong kotak, digoreng berkulit 
100 gr kol, dipotong kotak 
2 buah tomat hijau, dipotong-potong 
2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas, dimemarkan 
2 buah cabai merah, dipotong ½ cm 
3 ¼ sdt garam 
2 ¼ sdt gula pasir 
1. 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa 
2 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu : 

10 butir bawang merah 
4 siung bawang putih 
½ sdt terasi, digoreng 
3 butir kemiri, disangrai 

Cara Membuat : 

Panasi minyak, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan cabai mrah hingga harum. Tambahkan tomat hijau. Aduk hingga layu. Kemudian tuang santan, garam, dan gula pasir. Rebus sampai mendidih. Lalu tambahkan labu siam, kol, dan tahu. Tunggu sampai masak.

Sumber; Reportaseterkini
Ternyata Labu Siam Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Begini Olahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra