KHASIAT DAN MANFAAT IKAN LELE


Ikan lele yaitu satu di antara sajian lauk pauk yang banyak disenangi. Namun, Anda harus tahu manfaat ikan lele dari segi kandungan gizinya dan jumlah yang pas untuk kesehatan tubuh. 

Satu di antara resep ikan lele yang paling banyak dikenal di Indonesia, pecel lele. Dalam penyajiannya, ikan lele digoreng atau dibakar lalu dilengkapi dengan sayur dan sambal. 

Kandungan Gizi 
Ditulis alodokter. com ikan lele atau dikenal sebagai catfish yaitu tipe yang banyak diternakkan untuk kebutuhan mengkonsumsi. 
Bukan hanya di Asia, ikan ini bisa dikonsumsi di negara-negara Afrika, Eropa dan Amerika Timur. 

Walaupun kualitas dan rasa lele dari bermacam negara bisa berbeda, namun ikan ini disebut-sebut memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 
Setiap 100 gr ikan lele mempunyai kandungan daya sebesar 229 kilokalori. Kandungan protein dari lele dengan jumlah itu sekitaran 18 gr, karbohidrat sekitaran 8 gr, serat 0, 7 gr dan lemak sebesar 13 gr. 

Ikan lele juga mempunyai kandungan bermacam vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, dan kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc. Ikan lele juga kaya kandungan vitamin D. 

Ikan lele yang dikembangkan peternakan, peluang mengandung merkuri lebih sedikit karena diberikan pakan khusus. Ikan lele dari peternakan juga disebut mempunyai kandungan sedikit asam amino 3 tetapi asam amino 6 lebih tinggi. 

Konsumsi asam lemak ini disangka bisa kurangi resiko kanker tipe khusus, peradangan seperti rheumatoid artritis, kurangi tingkat tekanan darah, bahkan melindungi kesehatan mental. 

Walaupun demikian, penelitian yang dikerjakan membuka, asam omega 6 dapat merubah system pembekuan darah dan rawan pada system oksidasi. Sampai asam omega 6 tingkatkan resiko penggumpalan darah, penyakit radang usus besar, dan kanker. 

Jumlah Mengkonsumsi 
Ikan yaitu satu di antara protein yang baik untuk mendukung jantung sehat. Walaupun demikian, tetaplah jeli menyajikan ikan terutama pada bayi, anak-anak, serta wanita hamil. 

Tetapkan yang paling sedikit mempunyai kandungan merkuri, baik dari lingkungan ataupun industri. 
Merkuri yang berlebihan pada tubuh dapat mengakibatkan tidak baik, seperti permasalahan perubahan pada anak, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kehilangan ingatan pada orang dewasa. 

Untuk mengambil manfaat ikan lele, sekalian menekan resikonya, sebaiknya batasi mengkonsumsi ikan lele. Selain itu, macamkan mengkonsumsi ikan dari tipe lain yang kaya kandungan gizi seperti salmon dan tuna. 

Konsumsi ikan disarankan minimal 2 x dalam seminggu. 
Yg tidak kalah utama untuk mengambil manfaat ikan lele yaitu memasaknya melalui cara yang lebih sehat. Di banding mengolah makanan dengan cara menggoreng, ikan lele makin lebih baik dipanggang atau dibakar. 

Pastikan saus yang rendah kalori. Nutrisi ikan lele termasuk mengkonsumsi protein hewani yang baik untuk tubuh. 

Tentukan cara mengolah dan menu sehat yang sama seperti selera untuk memaksimalkan manfaat ikan lele. (*)
KHASIAT DAN MANFAAT IKAN LELE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra