Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Wajah Dan Kulit, Begini Olahannya

KUNYIT masih satu keluarga dengan jahe atau kencur, kunyit juga termasuk salah satu Jenis bumbu dapur popular di Indonesia. Nama lain tanaman rempah ini yaitu kunir (Jawa), koneng (Sunda), janar (Banjar), atau Konyet (Madura). Di luar negeri, kunyit di kenal dengan sebutan turmeric (Inggris) dan kurkuma (Belanda). Kunyit adalah tanaman asli Asia tenggara. Pada perkembangannya lalu, persebaran kunyit meluas lintas benua, dari Australia, Asi, sampai Afrika. Untuk bangsa-bangsa yang suka menggunakan banyak rempah dalam kuliner khasnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, ataupun India, Kunyit jadi satu diantara bumbu yang tidak bisa dilupakan.

Manfaat

Bukan sebatas bumbu masakan biasa, kunyit mengandung manfaat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh ataupun untuk kecantikan, seperti untuk mendinginkan tubuh, membersihkan lambung melepaskan keunggulan gas di usus, menghentikan pendarahan, juga mencegah penggumpalan darah.


Kunyit juga begitu baik untuk ibu hamil. Bila secara teratur mengkonsumsi kunyit, jadi bayi yang dilahirkan nanti akan bersih dari lemak-lemak yang biasa menutupi janin. Selain itu, ramuan kunyit dapat juga untuk mengobati flu atau demam untuk ibu hamil yang begitu rawan apabila mengkonsumsi obat-obat kimia. Tidak hanya obat, kunyit juga begitu manjur untuk dipakai sebagai obat luar. Kunyit dapat dijadikan untuk obat anti gatal, anti septic, anti kejang, mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut, dan dapat dipakai sebagai salep untuk menyembuhkan bengkak atau obat terkilir, juga bermanfaat untuk mengobati hidung tersumbat.

Olahan
Seperti yang umum di ketahui, kunyit jadi salah satu masakan andalan. Tetapi, kunyit juga bisa di proses jadi minuman yang segar dan menyehatkan. Salah satunya adalah minuman kunyit asam atau kunir asem dalam bahasa Jawa. Di bawah ini cara membuatnya :

Minuman Kunyit Asam
Bahan :

150 gr kunyit
80 gr asam Jawa
130 gr gula Jawa
80 gr gula pasir
Garam seperlunya
Satu liter air

Cara membuat :

Kunyit diparut, peras airnya, endapkan, diamkan sejenak
Sementara itu, pisahkan biji asam dari dagingnya
Aduk daging asam itu dengan sedikit air
Campur air asam dan air kunyit di dalam kuali bersama gula pasir dan garam, rebus sampai agak kental, lalu saring.
Kunyit asam siap untuk diminum dengan memberikan madu sesuai sama selera. reportaseterkini
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Wajah Dan Kulit, Begini Olahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra