Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Dan Keindahan Tubuh, Begini Olahannya

KAMBOJA atau lebih tepatnya bunga kamboja (plumeria) adalah salah satu jenis bunga yang bisa dengan mudah di dapatkan di Indonesia. Tetapi, bunga ini ternyata bukan datang dari Asia Tenggara dan tidak ada hubungannya dengan nama Negara atau kerajaan Kamboja. Tempat asal bunga kamboja yaitu dari benua Amerika bagian tengah dan Selatan seperti, Meksiko, Ekuador, Kolombia, Kuba, dan Venezuela. 


Lalu, mengapa bunga kamboja begitu di kenal di Indonesia? Bunga ini diprediksikan dibawa oleh kaum pedagang dari Portugis dan Belanda pada saat colonial dahulu. Bunga kamboja bisa tumbuh subur didataran rendah hingga pada ketinggian 700 mtr.. Tetapi, secara umum tanaman ini dapat tumbuh disemua tempat. 

Manfaat 

Sebagian senyawa yang bermanfaat terdapat dibunga kamboja, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin, juga mengandung nutrisi yaitu vitamin E dan emolien, hingga bunga ini bisa dipakai sebagi obat serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan tubuh. Oleh karenanya, bunga kamboja sering dipakai sebagai bahan untuk membuat kosmetik serta minyak wangi atau parfum. 

Bunga kamboja dapat juga untuk menyembuhkan sebagian jenis penyakit kulit seperti bisul, bengkak, patek, kutil, panu, bahkan juga dapat untuk menyingkirkan tahi lalat serta menyembuhkan kaki pecah-pecah. Sedang akar pohon kamboja begitu bermanfaat sebagai obat penyakit kelamin, yaitu kencing nanah atau gonorrhea. 

Olahan 
Bunga kamboja bisa di proses jadi sebagian jenis makanan, seperti untuk membuat kue, tempura, asinan, juga minuman yang menyegarkan sekalian menyehatkan. Sebagai contoh, di bawah ini kiat-kiat membuat Teh Bunga Kamboja : 

Cara membuat : 

Pastikan bunga kamboja yang berkwalitas. Satu diantara cirri bunga kamboja yang berkwalitas bagus yaitu yang telah berusia tua tidak ada bekas dikonsumsi serangga pada bunga itu. 
Keringkan bunga kamboja dengan cara dijemur diterik matahari. Dapat juga memakai oven untuk mengeringkannya tetapi lebih sempurna bila dikeringkan secar alami. 

Sesudah betul-betul kering, tentukan bunga kamboja yang masih utuh serta tidak pecah. Bila telah, berarti bunga kamboj sudah siap diseduh seperti layaknya menyeduh teh. 
Ambillah sebagian bunga kamboja dan seduhlah dengan air panas. Tuangkan ke cangkir secukupnya serta tambahkan gula pasir sesuai selera. Teh bunga kamboja telah yang harum, nikmat, dan sehat sudah siap untuk diminum. reportaseterkini
Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Dan Keindahan Tubuh, Begini Olahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra