Ini Dia Manfaat Luar Biasa Terong Bagi Kesehatan Yang Belum Kamu Ketahui


TERONG (solanum melongena) adalah tanaman pangan yang berasaldari India atau Srilanka. Buah terong umunya berwarna putih, hijau dan ungu. Buah terong memang biasanya dipakai sebagai sayuran yang dimasak atau untuk lalapan. Namun buah terong ternyata juga memilki manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat 
Terong gelatik atau leunca berupa bulat kecil-kecil, diakui mempunyai manfaat untuk beragam penyakit. Sama seperti dengan terong ungu yang mudah didapati, mempunyai beberapa manfaat. Getah terong ungu yang bisa dijadikan obat penyakit kulit, kutilan. 

Selain itu, rebusan air daun dari terong jenis ini dapat juga memperlancar buang air kecil, mengobati sakit perut, batuk, dan dapat juga menurunkan tekanan darah tinggi dan berguna mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh. Ternyata potensi terong sebagai penyembuh beragam penyakit, sekarang ini hangat dibicaraka. 

Dibeberapa Negara, misalnya dikorea, buah sayuran ini dikeringkan lalu dikonsumsi untuk menyembuhkan sakit pinggang, encok, pinggang merasa kaku, dan nyeri yang lain. Di Nigeria, buah terong jadi lalapan karena bisa diakui dapat mengurangi sakit rematik. 

Terong juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan bekas luka bakar. Manfaat lain dari terong yaitu sebagai obat anti kejang yang relative susah di ketahui dengan tentu terjadi serangannya. 

Terong yang mengandung sriksindan skopolamin, juga skopolamin dan skoparon, berperan sebagai penghambat serangan sawan serta gugup. Jadi jelaslah telah kalau terong bisa dapat menyembuhkan penyakit epilepsy. Manfaat lain dari terong yaitu bisa menghimpit kerusakan yang muncul pada selsel, dengan pemyimpangan kromosom sebagai petunjuk ada kanker. 

Pengujian terakhir yang dilakukan dijepang memberikan jus terong, yang bisa menekan kerusakanpada beberapa sel itu. Kandungan protease (tripsin) pada terong juga diakui bisa membantu melawan serangan zat penyebabnya kanker. Pada riset yang lebih khusus, terong disebutkan bagus untuk mengurangi kemungkinan penyakit kanker perut. 

Selain itu, mengkonsumsi terong dapat juga menghambat atau membatasi asupan kolesterol dalam saluran cerna, bahkan juga dapat mengangkat kolesterol yang ada dalam aliran darah. terong juga memiliki manfaat untuk menghambat pembentukan radikal bebas. 

Menurut penelitian, nausin dari kulit teronglah yang bekerja sebagai anti-oksidan untuk menghambat pembentukan radikal bebas, hingga membantu melindungi rusaknya sel membrane. 

Olahan 
Bermacam menu terong mudah didapati diwarung-warung makan. Tetapi, bila menginginkan mencoba mebuat masakan terong di rumah, Anda dapat menjajal yang satu ini ; Tumis Terong Tahu Cincang. Tersebut resepnya. 

Tumis Terong Tahu Cincang 

Bahan : 
  • 3 buah (500gram) terong ungu 
  • 75 gr tahu putih, dicincang kasar 
  • 3 siung bawang putih, dicincang kasar 
  • 5 butir bawang merah, dicincang kasar 
  • 3 buah cabai merah besar, dibuang bijinya, dicincang kasar 
  • ½ sdm kecap manis 
  • ¼ sdt garam 
  • ¼ sdt merica bubuk 
  • 300 ml santan kelapa dari ¼ butir kelapa 
  • 1 sdm minyak untuk menumis 

Cara : 

Terong dibelah 2 memanjang, di rendam dalam larutan garam, lalu goreng sampai masak. 
Panasi minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai besar hingga harum. Lalu masukan tahu, dan aduk rata perlahan. 
Kemudian tuang kecap manis, garam serta merica bubuk. Aduk rata 
Tuang santan dan tunggulah sampai mendidih. 
Bila telah mendidih, masukan terong. Aduk perlahan sampai mengental. 
Masukkan kedalam mangkuk, dan Terong Tahu Cincang siap di nikmati.

 reportaseterkini
Ini Dia Manfaat Luar Biasa Terong Bagi Kesehatan Yang Belum Kamu Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra