Meski Sepele, Prilaku Pasangan Suami Istri Ini Bisa Bernilai Besar Di Hadapan Allah


Menikah adalah salah satu anjuran Rasulullah yang mempunyai banyak keutamaan. Tidak cuma terlepas dari maksiat, bahkan berbagai pahala dapat diperoleh dengan mudah cuma dari beberapa hal yang begitu remeh. 

Apa sajakah hal remeh yang dikerjakan suami istri tetapi mempunyai keutamaan yang besar dalam pandangan Allah? 

1. Saling Pandang 

Bila dalam pacaran saling pandang dapat jadi mata panah yang dapat mengarah pada dosa, jadi saat seseorang sudah menikah, saling memandang justru akan mendatangkan rahmatNya. 

Dari Abu Said Al Khudri, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda, 

“Sesungguhnya saat seseorang suami memperhatikan istrinya dan istrinya memperhatikan suaminya, jadi Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian yang penuh rahmat. ” 

2. Saling Menggenggam Tangan 

Walau tangan suami begitu kasar karena selalu dipakai untuk mencari nafkah, tetapi ketahuilah kalau sebenarnya menggenggam tangan suami oleh istrinya akan menghapus dosa. 

“… Manakala suaminya merengkuh telapak tangannya (diremas-remas) jadi berguguranlah dosa-dosa suami istri itu dari sela-sela jari jemarinya. ” 

3. Membelai Istri 

Rumah tangga yang harmonis yaitu rumah tangga yang di dalamnya seseorang suami dapat berkasih sayang pada istrinya, salah satunya adalah dengan membelai 


istrinya. Memang sifat seseorang istri sangat lembut dan manja hingga mereka membutuhkan belaian yang membuatnya jadi nyaman. 

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasa setiap hari tidak melupakan untuk mengunjungi kami (beberapa istrinya) seorang untuk seorang. Beliau menghampirinya dan membelainya, sekalipun tidak mencampurinya, sehingga sampai ke tempat istri yang tiba gilirannya, lalu bermalam di situ. ” (HR Abu dawud) 

4. Membantu Pekerjaan Rumah Istri 

Tahukah kalau saat membantu pekerjaan rumah seseorang istri, suami akan memperoleh pahala yang begitu besar. Bahkan hal semacam ini jadi satu sunah Rasul yang biasa Rasulullah lakukan saat ada dirumah. 

Aisyah di tanya oleh Al Aswad bin Yazid, “Apa yang dapat dilakukan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam didalam rumah? ” Aisyah juga menjawab, “Beliau biasa membantu pekerjaan istrinya. Apabila tiba saat shalat, beliau juga keluar untuk mengerjakan shalat. ” (HR Bukhari) 

5. Bercanda 

Seseorang suami janganlah selalu memperlihatkan wajar yang begitu. Bercandalah dan tertawalah bersama dengan istri dan anak-anak karena sebenarnya hal itu begitu baik untuk kelangsungan rumah tangga. Rasulullah juga selalu bercanda bersama dengan keluarganya. 

“Segala suatu hal yang jadikan oleh anak adam yaitu bathil, terkecuali tiga perkara, melepaskan panah dari busurnya, latihan berkuda dan senda gurau (mula’abah) berbarengan keluarganya, karenanya yaitu hak untuk mereka. ” (HR Ath Thabrani) 

Tersebut hal remeh yang dilakukan suami istri tetapi mempunyai keutamaan yang begitu besar di segi Allah. Janganlah berasumsi remeh hal itu karena selain kelurga jadi harmonis, Allah juga akan menaungi rumah tangga itu dengan rahmatNya.
Meski Sepele, Prilaku Pasangan Suami Istri Ini Bisa Bernilai Besar Di Hadapan Allah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra