Tumbuhan Mahoni Sangat Berkhasiat Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Tumbuhan Mahoni Sangat Berkhasiat Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit
Mahoni

Pohon Mahoni (Swietenia mahagoni L) biasanya tumbuh liar di bebrapa hutan jati atau di dekat pantai. Seringkali pohon Mahoni juga ditanam sebagai pohon peneduh di bebrapa tepi jalan. Tanaman yang berasal dari India Barat ini bisa mengurangi polusi udara sekitar 47-69 %, daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan yang terdapat di lingkungan ia tumbuh. Kwalitas kayu Mahoni yang baik membuat pohon Mahoni disukai sebagai bahan baku pembuat meubel, furnitur, serta bahan-bahan ukiran atau kerajinan. Di Jepara kayu pohon Mahoni dipakai sebagai bahan baku alternatif pengganti jati untuk kerajinan ukiran. Kulitnya dapat juga dipakai sebagai pewarna baju. Kulit kayu Mahoni bila di rebus berbarengan kain bisa memberi warna kuning yang tidak mudah luntur pada kain itu. Sedang getah pohon mahoni yang dimaksud juga blendok umum digunakan bahan baku lem. Sedang daun Mahoni digunakan sebagai pakan ternak. 

Tidak banyak yang tahu, kalau ternyata pohon mahoni bisa digunakan sebagai obat herbal. Manfaat pohon mahoni sebagai obat herbal diantaranya, buahnya bisa memperlancar peredaran darah, menurunkan cholesterol, menyingkirkan penumpukan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan serta lebam, bertindak sebagai anti-oksidan mengurangi lemak di tubuh, membantu meningkatkan system kekebalan tubuh, mencegah pembekuan darah serta memperkuat fungsi hati, dan memperlambat sistem pembekuan darah. 

Biji mahoni bisa digunakan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan kencing manis, memberi nafsu makan, menyembuhkan rematik, demam, masuk angin, eksim, meningkatkan daya serta stamina. Bisa dipakai sebagai anti aging, menguatkan jangtung serta system pembuluh darah, menguatkan jantung, lambung, paru-paru serta hati. Diluar itu Mahoni mempunyai potensi efek farmakologi sebagai antidiabetik, anti-oksidan, antibakteri, anti jamur, serta anti hiperlipidemik. 

Bagaimana menggunakan Mahoni untuk penyembuhan? Tersebut contih-contoh cara memakai Mahoni sebagai obat : 

Obat herbal hipertensi 

8 gr biji mahoni segar seduh dengan 2 gelas air panas, dinginkan, saring. Menjadikan 2 bagian untuk diminum pagi serta sore hari. 

Atau juga dapat memakai serbuk biji mahoni kering seduh dengan 1/2 cangkir air panas, berikan 1 sdm madu. Minum 2-3 kali sehari, diminum waktu hangat. 

Obat herbal kencing manis 

Ambillah 1/2 sdt serbuk biji mahoni kering, seduh dengan 1/3 cangkir air panas. Minum 2-3 kali sehari, diminum 1/2 jam sebelum makan, serta minumlah selagi hangat. 

Obat herbal penambah nafsu makan 

!/2 sdt serbuk biji mahoni, , seduh dengan 1/3 cangkir air panas, berikan 1 sdm madu minum selagi hangat 2-3 kali sehari. 

Obat herbal demam serta masuk angin 

1/2 sdt serbuk biji mahoni, seduh dengan 1/4 cangkir air panas, lebih 1 sdm madu, minum selagi hangat 2-3 kali sehari.

Sumber;Infoherbalis.com
Tumbuhan Mahoni Sangat Berkhasiat Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra