Khasiat Sembu'an untuk Kesehatan

Khasiat Sembu'an untuk Kesehatan
Khasiat Sembu'an untuk Kesehatan

Pernahkah Anda mengetahui tanaman sembukan? Mungkin banyak yang belum mengetahui tanaman satu ini. Sembukan adalah tanaman merambat, bisa diketemukan di pagar – pagar atau di antara semak belukar. Sembukan populer dengan baunya yang khas seperti jengkol serta petai waktu kita mengkonsumsinya. Karena hal itu di banyak daerah, tanaman ini dikenal juga dengan sebutan daun kentut, mungkin karena baunya yang busuk. 

Tanaman Obat Sembukan mudah didapat. Ia biasa tumbuh liar di lapangan terbuka, semak belukar, atau di tebing sungai mulai ketinggian 1 – 2. 100 m dpl. Herba merambat ini sering ditanam di pagar rumah. Karena daunnya berbau busuk apabila dirtemas, orang sumatra menyebutnya daun kentut, diberi nama kahitutan oleh orang sunda, atau kasembukan oleh orang jawa. Nama daerah yang lain yaitu bintaos (madura), gumi siki (ternate, ji shi teng (china), serta di perdagangkan dengan nama chinese fevervine herb. 

Tanaman yang mempunyai nama latin Paederia scandens telah lama di kenal sebagai tanaman untuk menyembuhkan sakit perut, seperti kembung serta sulit buang gas. Cara mengobatinya dengan melilitkan batang sembukan di bagian perut seperti sabuk. 

Tetapi, untuk tidak mengatasi sakit perut saja, nyatanya daun sembukan mempunyai manfaat sebagai penawar racun. Kandungan kimia herba ini, asperuloside, deasetilasperuloside, paederoside, scanderoside, asam paederosidik, danarbutin. Ia juga mengandung gamma sitosterol, asam oleanolik serta minyak asiri. 

Rasa Daun sembukan manis, asam, serta memiliki afinitas kemeridian limpa, lambung, paru, serta hati. Manfaat Sembukan yang lain menguatkan lambung serta memperbaiki manfaat pencernaan. Ia juga memiliki efek analgetik (menghilangkanrasa sakit), karminatif (peluruh kentut), diuretik (peluruh urin), mukolitik (peluruh dahak), stomatik (penambah nafsu makan), ekspektoran (menghentikanbatuk), antipiretik (menyingkirkan panas), antibiotik, anti radang, antiracun, dan memperlancar aliran darah serta aliran daya vit4l. 

Sedangkan menurut Ir. W. P. Winarto pada bukunya “Tanaman Obat Indonesia Untuk Pengobat Herbal”, Sembukan memiliki efek farmakologi sebagai analgesik (pembasmi rasa sakit), karminatif (peluruh kentut), diuretik (peluruh kencing), penambah nafsu makan, antibiotik, anti radang, obat batuk, obat cacing, menyingkirkan racun (detoksifikasi), serta peluruh dahak (mucolitik). 

Pasien terapi penyinaran akibat kanker baiknya minum rebusan tanaman obat tradisional ini. Maksudnya, supaya jumlah sel darah putih (leukosit) tidak menurun.

Sumber;Infoherbalis.com
Khasiat Sembu'an untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra