SELAIN UNTUK MEMBERI KELEZATAN PADA MASAKAN,, BAWANG BISA JADI ANTI BAKTERI DAN MENURUNKAN PANAS


Siapa sih yang tidak tahu dengan Bawang Merah? Hampir semua masakan tentu memakai Bawang merah. Cita rasanya yang unik memberi kelezatan hidangan yang disajikan dengan bawang merah goreng. Dulu saat saya masih kecil bila diserang panas jadi ibu saya akan menumbuk bawang merah bersama minyak goreng untuk kemudian dioles-oleskan ke tubuh Saya, serta memang suhu tubuh saya saat itu turun perlahan-lahan. 

Memanglah tanaman yang satu ini mempunyai banyak manfaat, tidak diragukan lagi Bawang merah atau Allium cepa yang memiliki kandungan senyawa alliin yang oleh enzim alliinase dirubah jadi alliisin berbentuk membunuh bakteri. bawang merah juga banyak memiliki kandungan senyawa belerang seperti metil alil tiosulfinat serta alil metil sulfinat yang juga adalah senyawa antibakteri.

 Senyawa yang memiliki kandungan sulfur yang lain yaitu S-metil sistein sulfoksida dilaporkan mempunyai kegiatan antidiabetes serta penurun kandungan lemak tubuh. Bawang merah juga memiliki kandungan banyak senyawa golongan flavonoid seperti kuersetin serta kuersetin glukosida. Bawang merah juga mempunyai aktivitasw antitrombotik, antitumor, serta antiartritic dan mengatasi kardiovaskular. 

Brambang, begitu orang jawa menyebutnya mempunyai kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin serta floroglusin yang secara tradisional juga dipakai untuk menurunkan suhu tubuh yang demam. 

Resep Ramuan Bawang untuk penyembuhan 

– Penurun Panas : Bersihkan lima butir bawang merah lalu kupas. Lalu parut atau gerus serta berikan minyak kelapa atau minyak kayu putih seperlunya. Kemudian oleskan ke tubuh anak, terutama sisi ubun-ubun, punggung, perut, paha, lengan serta telapak kaki. 

– Antibakteri : Air dari umbi bawang merah diperas lalu dihirup untuk membunuh mikroba dipteria, disentri atau TBC. 

– Pembekuan darah : Umbi bawang merah bisa dikonsumsi mentah.

Sumber;Infoherbalis.com
SELAIN UNTUK MEMBERI KELEZATAN PADA MASAKAN,, BAWANG BISA JADI ANTI BAKTERI DAN MENURUNKAN PANAS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra