Khasiat Belimbing Obati Berbagai Penyakit

Khasiat Belimbing Obati Berbagai Penyakit
Buah Belimbing
Belimbing buah yang mempunyai citarasa asam manis ini begitu digemari masyarakat Indonesia. Belimbing biasanya dikonsumsi sebagai buah kombinasi rujak manis atau dijus untuk diminum airnya yang segar. Belimbing dengan nama latin Averhoa Carambola mrupakan pohon kecil yang berbatang keras dengan tinggi 5-12 m ini datang dari Jawa serta Kalimantan. Tanaman ini menyukai tanah yang asam serta air yang cukup banyak, terlebih lagi apabila hidup ditempat teduh, Belimbing termasuk juga tanaman yang berbuah sepanjang th.. Buah Belimbing memiliki kandungan glikosida, vitamin A, B serta C, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, pectin, serta niacin. Sifat kimia buah yaitu rasa asam, manis, serta netral. 

Perbanyakan tanaman ini dilakukan dengan biji serta cara dicangkok. Perawatan tanaman Belimbing dengan pengendalian gulma serta hama, pemupukan serta penyiraman dengan cara berkala. 

Berikut adalah resep racikan obat bermanfaat menggunakan Tanaman Belimbing : 


1. Darah Tinggi 

Makan Buah Belimbing yang telah masak sekitar 2-3 buah 2 x sehari. 

2. Menyembuhkan Panu 

2 buah Belimbing ditumbuk halus, lalu oleskan pada kulit yang berpanu, sambiul digosok-gosok
Kerjakan 2-3 kali sehari. 

3. Menyembuhkan Radang Lambung 

6 g daun Belimbing Manis, 8 g rimpang kunyit, 7 g rimpang temu kunci, serta 110 ml air, lalu rebus sebentar. Diminum sehari sekali. Hati-hati untuk pasien Ginjal. 

4. Pertolongan Pertama pada Pasien Cacar 

Tumbuk daun belimbing sampai halus lalu ambillah airnya untuk dibubuhkan pada kulit pasien cacar untuk menyingkirkan gatal-gatalnya. Jangan menggosok-gosok kulit yang terserang cacar. 

5. Obat Penyakit Gondong 

Potong buah b eilimbing jadi beberapa bagian, lalu tumbuk sampai halus, hasil tumbukkan tadi dikompreskan pada kelenjar gondong pasien. Biarlah selama 30 menit serta ulangilah setidaknya 2 kali sehari. Lebih baik lagi bila yang dipakai yaitu Belimbing Wuluh. 

6. Menentramkan perut sesudah muntah karena mabuk perjalanan

Minum perasan buah belimbing manis yang telah di rebus dengan 1/3 bagian gula pasir sampai jadi sirup yang kental. 

7. Penyembuhan jerawat 

Untuk menyembuhkan jerawat, 5 buah belimbing segar, bersihkan bersih. Jus Buah belimbing berikan sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Kerjakan pagi serta sore hari. Atau sediakan 5 buah belimbing serta 1/5 sendok teh bubuk belerang, ditumbuk halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. basuhkan di bagian yang berjerawat serta bagian muka yang berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari. 

8. Menyembuhkan Rematik 

Ambillah Segenggam daun belimbing dicuci, tumbuk hingga halus, berikan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit. 100 gr daun muda belimbing, 10 biji cengkeh serta 15 biji merica dicuci serta ditumbuk halus, berikan cuka seperlunya hingga adonan seperti bubur. Tempelkan adonan bubur di bagian yang sakit. Kerjakan dengan 2-3 kali sehari.

Sumber;Infoherbalis.com
Khasiat Belimbing Obati Berbagai Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra