Khasiat Akar,Pohon,Buah,Daun Kelapa, Untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit




Pohon kelapa dengan nama latin Cocos nucifera banyak tumbuh diarea pantai ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan curah hujan 1300-2300 mm/th. atau bahkan lebih, daerah dengan ketinggian 600 m di atas permukaan air laut, dan daerah dengan intensitas cahaya matahari yang cukup. Kelapa yaitu salah satu type tanaman yang termasuk kedalam suku pinang-pinangan (arecaceae). Semuanya sisi pohon kelapa bisa digunakan, dari mulai bunga, batang, pelepah, daun, buah, bahkan akarnya juga bisa digunakan. Batang pohon kelapa adalah batang tunggal, namun terkadang bisa bercabang. Tinggi pohon kelapa bisa meraih lebih dari 30 cm. Daun kelapa tersusun secara majemuk, menyirip sejajar tunggal, berwarna kekuningan bila masih muda serta berwarna hijau tua bila telah tua. 

Asam lemak yang terdapat dalam daging buah kelapa mengandung 90% asam lemak jemu serta 10% asam lemak tidak jemu. Walau termasuk minyak jemu, minyak kelapa digolongkan sebagai minyak berantai karbon sedang (medium chain fatty acids, MCFA). Kelebihan asam lemak rantai sedang dibanding dengan asam lemak rantai panjang yakni asam lemak rantai tengah lebih mudah diolah serta diserap. Asam lemak rantai sedang waktu dikonsumsi bisa segera diolah didalam usus tanpa sistem hidrolisis serta enzimatis, segera dipasok ke aliran darah serta diangkut ke hati untuk dimetabolisir jadi energi. 

Minyak yang mempunyai asam lemak rantai panjang harus diolah dahulu di pencernaan sebelumnya diserap dinding usus melalui sebagian sistem panjang untuk hingga ke hati. Kelebihan lain dari asam lemak rantai sedang yakni didalam tubuh tidak dirubah jadi lemak atau kolestrol dan tidak memengaruhi kolesterol darah. Asam lemak rantai tengah, terutama asam laurat, mempunyai kekuatan yang khusus sebagai antivirus, antifungi, antiprotozoa, serta antibakteri. 

AIR KELAPA 

Air kelapa muda mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Air buah nyiur ini nyatanya miliki manfaat serta nilai gizi yang mengagumkan. Bukan hanya unsur makro berbentuk nitrogen serta karbon, namun juga unsur mikro yang begitu diperlukan badan ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berbentuk protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, serta serin. 

Dibanding asam amino yang ada di susu sapi, asam amino yang terdapat di air kelapa nyatanya lebih tinggi. Sesaat unsur karbon bisa didapati berbentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, serta yang lain. Begitu halnya unsur mikro di air kelapa berbentuk mineral yang diperlukan sebagai penganti ion tubuh. Oleh karenanya wajar bila sesudah minum kelapa muda tubuh kita merasa kembali segar. 

Bila di teliti lebih jauh, air kelapa nyatanya juga memiliki kandungan bermacam vitamin. Di antaranya vitamin C yang menguasai, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, dan riboflavin. Tidak heran bila air kelapa juga digunakan sebagai bahan penyembuhan tradisional sekalian kecantikan. Selain itu, dengan cara spesial, air kelapa kaya potasium (kalium). Terkecuali mineral, air kelapa juga memiliki kandungan gula (beragam pada 1, 7 hingga 2, 6 %) serta protein (0, 07- 0, 55 %). Lantaran komposisi gizi yang sekian ini, jadi air kelapa punya potensi dijadikan bahan baku produk pangan. 

Memakai tanaman kelapa sebagai obat tradisional 

Keracunan 

Minum air kelapa hijau 

-Panas Dalam 

Minum air kelapa yang sudah digabung dengan kuning telur ayam kampung mentah. 

Demam 

Minum campuran satu gelas air kelapa dengan 1 sdm madu. 

Demam berdarah 

Minum kombinasi air kelapa dengan air perasan 1 buah jeruk nipis, diminum 2 kali sehari. 

Kencing batu 

Minum air kelapa yang digabung dengan 1 butir telur ayam kampung mentah serta diminum 2 kali sehari. 

Nyeri Haid 

Minum air kelapa yang dicampur dengan gula aren. Lakuka 2 kali sehari. 

Flu 

Parutan 1/4 butir kelapa berikan parutan 1 rimpang kencur. Berikan 1 gelas air, masak hingga mendidih, lalu peras, minum air perasannya satu kali sehari. 

Cacingan 

Parutan 1/4 kelapa tua digabung dengan parutan 1 buah wortel, lantas berikan air 1 gelas, saring untuk lalu diminum sebelumnya tidur malam. 

Sakit Gigi 

Batok kelapa dibakar hingga membuahkan minyak, gunakan minyaknya untuk menyembuhkan gigi yang sakit. 

Uban

 Parutan kelapa tua yang dicamput dengan air kelapa sedikit garam, lalu peras. Santan yang dihasilkan digunakan untuk creambath rambut. 

Ketombe 

1/2 buah kelapa yang diparut serta dicampur dengan parutan 1/4 buah nenas, 1 butir jeruk nipis serta 1, 5 gelas air kelapa, semuanya bahan digabung lalu disaring, gunakan airnya untuk keramas

Sumber;Infoherbalis.com.
Khasiat Akar,Pohon,Buah,Daun Kelapa, Untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra