Jangan Anggap Sepele Masalah Mimisan, Cara Mengatasi Mimisan Dan Gejala Penyebabnya

Mimisan seringkali berlangsung pada balita, anak-anak dan orang dewasa. Penyebab mimisan atau epistaksin yakni perubaha cuaca yang terjadi lewat cara mendadak. Mimisan atau pendarahan pada hidung itu sering kali berlangsung karena lepasnya mukosa yaitu selaput atau pembuluh darah tipis pada hidung. 

Cara Mengatasi Mimisan Dan Gejala Penyebabnya


Untuk lebih lengkap tentang penyebab mimisan dan langkah mengatasi mimisan baca selalu artikel kami berikut ini. 

Penyebabnya Terjadi Mimisan 


Penyebabnya Terjadinya Mimisan pada Hidung 

1. Ada pergantian cuaca ekstrem 

Biasanya pada cuaca panas yaitu dimana kelembaban mulai berkurang sampai terjadinya pengeringan segi setrum, Kondisi seperti itu bisa mengakibatkan iritasi dan selanjutnya terjadi pendarahan. 

2. Adanya tumor 

Pendarahan pada hidung atau mimisan bisa pula berlangsung lantaran penyakit lain seperti ada tumor dalam rongga hidung. Umumnya tumor itu berkembang sebesar biji nangka dan berwarna kemerahan. Waktu tumor itu mulai bereaksi jadi bakal menyebabkan terjadinya pendarahan, biasanya terserang oleh anak-anak dan orang dewasa. 

3. Karena ada demam berdarah 

Dalam keadaan infeksi systemik seperti demam berdarah mimisan bisa pula terjadi. Demam berdarah yang diimbangi dengan mimisan itu sangat memiliki resiko dan anak mesti peroleh perawatan intensif. Tingkat bahaya dan tidaknya mimisan pada hidung itu sangat bergantung pada penyebab terjadinya mimisan. Apabila mimisan itu berjalan lantaran demam berdarah jadi itu jadi rambu kalau kesehatan seseorang sangat memiliki resiko, karena kondisi itu yakni stadium berat dalam demam berdarah. 

Itulah beberapa penyebab terjadinya mimisan. Mungkin saja sebagian kita beranggapan kalau mimisan yakni penyakit biasa saja, tetapi perlu di ingat kalau penyakit ini bisa dapat berakibat fatal apabila terus menerus terjadi, untuk lebih jelas tentang penyakit anda sebaiknya anda menghubungi dokter. 

Berikut kita simak bagaimana mengatasi mimisan yang terjadi pada hidung. Cermati baik-baik, semoga saja bermanfaat. 

Langkah Mengatasi Mimisan 
  • Apabila anda menderita mimisan, jadi dudklah dengan tegah agar hidung dalam kondisi lebih tinggi dibanding dengan jantung. Jangan beberapa coba untuk tidur lantaran kondisi bisa membuat darah keluar dengan derasnya. 

  • Menjadikan tubuh anda bengkok sedikit kedepan, dan mulailah bernafas dengan mulut agar darah tak keluar. 

  • Coba tekan cuping hidung sepanjang 5 menit serta lihat apakah darah masih tetap keluar. 
  • Kompres hidung dengan handuk kecil dingin, atau berikan es untuk melembabkan hidung hingga aliran darah berkurang. 

  • Setelah menekan cuping hidung 5 menit dan darah tetap masih mengalir, jadi coba tekan lagi cuping hidung selama 10 menit Apabila darah berlanjut serta belum berhenti, jadi periksakan kedokter terdekat. 

Semoga saja artikel penyebab mimisan dan tips mengatasi mimisan ini bermanfaat, itu sangat penting, minimal sebagai pertolongan pertama yang perlu kita berikan pada korban atau penderita hidung berdarah.
Jangan Anggap Sepele Masalah Mimisan, Cara Mengatasi Mimisan Dan Gejala Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra