Khasiat Meniran, Menyembuhkan Berbagai Penyakit, contohnya seperti AYAN


Meniran adalah tanaman semak semusim dengan tinggi 30 cm serta 60 cm, tanaman ini termasuk juga dalam keluarga Euphorbiaceae. Biasanya dipakai sebagai bahan sayuran di beberapa daerah di Indonesia. 

Meniran (phyllanthus niruri) mempunyai aktifitas sebagai hepatoprotektor, antihepatitis, serta anti-oksidan. Ekstrak metanol meniran dilaporkan mempunyai kesibukan antiplasmodia, menghambat patogenitas atau kekuatan yang dimiliki oleh bibit penyakit untuk membuat orang jadi sakit dari plasmodium atau genus protozoa parasit, senyawa corilagin (satu diantara senyawa polimer dari asam galat) dari meniran mempunyai kesibukan antihiperalsesia (peredam rasa nyeri yang hebat).

 Dengan cara empiris meniran digunakan sebagai obat sakit kuning, malaria, ayan, demam, batuk, disentri, luka, serta jerawat. 

1. Penggunaan tanaman meniran untuk penyembuhan sakit kuning bisa menggunakan16 tanaman meniran (akar, daun, batang) dicuci serta ditumbuk halus di rebus dengan 2 gelas air susu hingga mendidih serta tersisa 1 gelas. Rebusan disaring serta diminum setiap hari. 

2. Malaria bisa dipakai 7 batang tanaman meniran, 5 bunga cengkih kering serta 1 potong kayu manis dicuci lalu ditumbuk halus. Bahan yang sudah halus di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. rebusan disaring serta diminum 2 kali sehari. 

3. Ayan : 17-21 batang tanaman meniran dicuci bersih lalu di rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih serta tinggal 1/2 sisi, disaring serta diminum 1 kali sehari 3/4 gelas selama 3 hari berturut-turut. 

4. Demam : 3-7 batang tanaman meniran dicuci lalu diseduh dengan air panas 1 gelas, disaring diminumkan pada penderita. 

5. Batuk : 3-7 batang tanaman meniran dicuci lalu ditumbuk hingga halus, tambahkan 3 sdm air masak serta 1 sendok makan madu, aduk serta diminum sekaligus. 

6. Haid berlebihan : 3-7 batang tanaman meniran kering ditumbuk halus lalu di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Ditambahkan 1 gelas air tajin ke dalamnya aduk hingga rata. Ramuan disaring serta diminum 2 kali pagi serta sore. 

7. Disentri : 17 batang tanaman meniran di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, saring dindinkan lantas diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari. 

8. Luka koreng : 9-15 batang tanaman dicuci bersih lalu ditumbuk halus lalu di rebus dengan 1 cerek air. Air rebusan dalam kondisi hangat digunakan untuk mandi. 

9. Obat Jerawat : 7 batang tanaman meniran serta 1 rimpang umbi kunyit cuci bersih, ditumbuk halus. Rebus bahan dengan 2 gelas air hingga medidih sampai tinggal separuhnya, sarin diminum dalam keadaan dingin.

Sumber;Infoherbalis.com.
Khasiat Meniran, Menyembuhkan Berbagai Penyakit, contohnya seperti AYAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra