10 Jenis Penyakit Bisa Disembuhkan Dengan Belimbing Wuluh

10 Jenis Penyakit Bisa Disembuhkan Dengan Belimbing Wuluh
10 Jenis Penyakit Bisa Disembuhkan Dengan Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh sangat familiar di masyarakat terlebih di kelompok ibu-ibu, karena buah belimbing wuluh atau sering juga dimaksud Belimbing sayur ini sering kali jadi satu diantara bahan masakan. Rasanya yang masam terkadang dipakai sebagai alternatif pengganti asam jawa maupun buah Tomat dalam sebagian masakan daerah. 

Tumbuhan Belimbing Wuluh atau dalam bahasa latin dimaksud Averrhoa bilimbi L. mudah didapati di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Sudah pasti dengan sebutan yang berbeda-beda, umpamanya di Aceh di kenal sebagai thlimeng, orang Batak menyebutnya asom atau balimbingan, balimbeng di Flores, sedang belimbing wuluh sebutan berasal dari Jawa. Tanaman ini termasuk juga type yang mudah ditanam serta tidak membutuhkan perawatan spesial. Belimbing Wuluh bisa berbuah serta berbunga sepanjang th.. 

Manfaat Belimbing Wuluh 

Bisa dipakai sebagai obat Hipertensi, dapat pula menurunkan kandungan glukosa darah. Dengan cara farmakologi sudah dibuktikan kalau rebusan daunnya dengan pemberian dengan cara oral pada dosis 500 mg/kg tak memberi efek hipotermia, namun malah memberi efek antipiretik (penurun panas) serta menurunkan peradangan atau anti inflamasi. 

Ekstrak Clhoroform daun belimbing Wuluh begitu efisien membunuh perkembangan bakteri staphyllococcus aureus, bacillus cereus, serta corney bacterium diphteria karena memiliki kandungan senyawa flavonoid tipe luteoindan apigenin. 

Dengan cara tradisional daunnnya juga dipakai untuk menyembuhkan sakit perut, demam gondok, encok. Buahnya dipakai untuk gejala darah tinggi, sariawan, obat batuk, gondongan (parotitis), gusi berdarah, sakit gigi, jerawat, panu, kelumpuhan, memperbaiki system pencernaan, serta radang rektum. 

Resep Belimbing Wuluh 

Tersebut disini cara memproses bebrapa bagian tanaman Belimbing Wuluh sebagai tanaman obat bermanfaat. 

1. Pegel Linu 

Satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkih, 15 butir lada, dihaluskan bersama-sama lalu ditambahkan cuka seperlunya. Lumurkan di bagian tubuh yang sakit. 

2. Gondongan 

10 ranting muda belimbing wuluh tersebut daun serta 4 butir bawang merah bersihkan bersih lantas dihaluskan dengan cara ditumbuk, baurkan di bagian tubuh yang sakit. 

3. Batuk pada anak 

Segenggam bunga belimbung wuluh, sebagian butir adas, gula seperlunya serta air satu cangkir, lantas ditim selama 15-30 menit, dinginkan lalu saring. Dipakai 2 kali minum, pada pagi serta malam waktu perut kosong atau sebelum makan. 

4. Batuk 

25 kuntum bunganya, seruas jari rimpang temu giring, seruas jari kulit kayu manis, seruas jari kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun daga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, bersihkan serta potong-potong sekedarnya, di rebus dengan 5 gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Dinginkan, saring untuk diminum dengan madu secukupnya. Diminum sehari 3 kali 3/4 gelas. 

5. Batuk Rejan 

10 buah belimbing wuluh yang telah dicuci hingga bersih, diremas-remas dengan 2 sendok makan air garam lalu saring. Diminum 2-3 kali satu hari. Bisa juga dengan mengkonsumsi tiga kali sehari 6-8 buah manisan buah belimbing wuluh. 

6. Rematik 

100 g daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 bj cengkih, serta 15 bj merica, bersihkan kesemuanya lalu dihaluskan berikan cuka seperlunya sampai jadi adonan bubur, lalu berikan di bagian yang sakit. 

7. Sariawan 

Sebagai olesan pada mulut yang sariawan bisa dipakai segenggam bunga belimbing wuluh yang di rebus dalam satu cangkir air dengan gula jawa seperlunya sampai jadi kental, lalu didinginkan. Atau dapat juga dengan meminum rebusan bunga belimbing wuluh 3 kali sehari. 

8. Jerawat 

Nah, biasanya anak remaja mempunyai permasalahan dengan jerawat membandel. Coba saja memoleskan serta menggosok muka yang berjerawat dengan buah belimbing wuluh yang dihaluskan dengan sedikit garam. Bisa juga menambahkah buah belimbing wuluh yang sudah dihaluskan dengan 1/2 sendok teh bubuk belerang , 2 sendok makan jeruk nipis, lalu dioles-oleskan pada wajah yang berjerawat kerjakan 2-3 kali sehari. 

9. Panu 

Gosoklah kulit yang terserang penyakit panu dengan buah belimbing wuluh yang di haluskan dengan kapur sirih seperlunya. Lakukan setiap habis mandi. 

10. Hipertensi 

Sediakan 3 buah belimbing wuluh serta biji sari gading 25gr yang telah dicuci bersih. Biji sari gading ditumbuk halus. Masukan dalam panci diisi 4 gelas air serta rebus bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup diminum 1 gelas satu hari. Buah yang besar serta berwarna hijau diparut, ambil air nya serta diminum. Atau dapat pula dengan cara mempersiapkan 3 buah belimbing wuluh yang dicuci lalu dipotong-potong sekedarnya, di rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tinggal tersisa 1 gelas. Sesudah dingin disaring, Minum sesudah makan pagi.

Sumber;Infoherbalis.com
10 Jenis Penyakit Bisa Disembuhkan Dengan Belimbing Wuluh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra