Buat Bubur Sumsum Super Lembut Yuk Bunda. Berikut Resepnya


Enak dan memiliki struktur lembut yaitu ciri khas bubur sumsum putih yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa ini. Penyajiannya dengan siraman kuah gula merah membuat bubur yang gurih bercampur cita rasa yang manis legit umum jadi hidangan favorite keluarga di rumah. 

Walau mempunyai bahan sederhana, cara buat bubur sumsum yang enak dan lembut serta tidak menggumpal memang tidak semudah dipikirkan. Karena kecuali ukuran resep yang pas ada juga banyak tips dan triks sederhana agar berhasil dan sukses dalam system membuatnya. Dari melarutkan tepung dengan sebagian santan, penggunaan api kecil, hingga system pengadukan yang perlu dilakukan dengan cara terus menerus (lebih detilnya saksikan pada beberapa step cara buat bubur sumsum di bawah). 

Menu dessert tradisional ini seringkali juga jadi pilihan untuk sarapan, serta sering di buat dengan gabungan atau disajikan dengan jenis bahan yang lain, seperti jagung manis, candil, sagu mutiara, es pisang ijo atau yang lain. Selain itu, karena teksturnya yang spesial lembut juga sering jadi menu untuk makanan bayi dengan susu sebagai campurannya. 

Persiapan Bahan Adonan Bubur Sumsum 

 200 gr tepung beras 
 1200 ml santan dari 1 butir kelapa 
 2 lembar daun pandan 
 1/2 sdt garam 

Bahan saus gula merah 

 250 gr gula merah disisir 
 200 ml air 
 2 lembar daun pandan 
 3 cm kayu manis 
 2 buah mata nangka masak dipotong-potong sama seperti selera (optional) 

Langkah Membuat Bubur Sumsum 

Santan dibagi dulu jadi dua segi atau semasing 600 ml santan. Satu segi santan dipadukan dengan tepung beras dan garam, aduk benar-benar rata hingga tidak ada yang menggumpal. Sedang satu sisi santan didihkan berbarengan daun pandan sambil senantiasa diaduk-aduk. Setelah mendidih, masukan perlahan adonan tepung beras dan santan yang pertama tadi sambil selalu diaduk-aduk dan masak hingga kental dan meletup-letup. 

Adonan harus selalu diaduk saat dimasak supaya pada akhirnya lembut serta tidak ada yang menggumpal (aduk benar-benar rata, lebih mudah menggunakan spatula kayu), waktunya memang cukup lama atau hingga adonan tidak akan berbau tepung. Tips kemudian yakni menggunakan api kecil supaya tidak cepat gosong dan pada akhirnya dapat masak rata dan sempurna. Untuk kuah gula merah, masak air bersamaan, gula merah, daun pandan, dan kayu manis. Aduk rata lalu masak hingga mendidih dan gula larut, matikan api lalu berikan potongan nangka masak. Tuang bubur sumsum dalam mangkuk atau piring saji, sirami dengan kuah saus gula merah lalu siap untuk disajikan

Sumber;Infoherbalis.com
Buat Bubur Sumsum Super Lembut Yuk Bunda. Berikut Resepnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra