Ketahuilah !!! Ini 3 Jenis Maksiat Yang Harus Kita Diwaspadai

Perbuatan maksiat pasti tak lepas dari diri manusia. Maksiat sendiri adalah perbuatan manusia yang tidak mematuhi serta bertentangan dengan ketentuan Allah SWT. Perbuatan maksiat umumnya dikerjakan lantaran hawa n4fsu serta godaan dari setan. 

Terdapat beberapa jenis maksiat yang dikerjakan oleh manusia. Perbuatan maksiat ini dapat mendorong manusia ke liang dosa serta selanjutnya menjerumuskannya kedalam neraka dengan siksa yang sangat pedih. 



Menurut Imam al-Harits al-Muhasibi, tabib hati untuk golongan Muslimin lintas generasi menyebutkan ada tiga jenis maksiat yang perlu diwaspadai oleh manusia. Ketiganya menjerumuskan serta membuat diri jauh dari pencipta. Apa saja? Berikut informasi sedetailnya. 

Tiga Jenis Maksiat yang Harus Diwaspadai


1. Maksiat yang Harus Dihindari 

Jenis maksiat pertama yang perlu diwaspadai oleh umat muslin yaitu maksiat yang perlu dijauhi. Maksiat ini mencakup semua jenis dosa besar serta dosa kecil dan perbuatan-perbuatan sebagai pembuka datangnya maksiat. 

Oleh karenanya, ketika melakukan kehidupan sebaiknya untuk selalu menaati semua perintah Allah serta ajaran Rasulullah untuk dijadikan sebagai teladan. Dengan melakukan hal itu, pasti kita akan terlepas dari semua perbuatan keji dan mungkar yag ada didunia ini. Sebab golongan muslimin yang demikian tahu mana yang baik dan buruk dari suatu perbuatan. 

Walau demikian, bila sudah terlanjur lakukan maksiat, sebaiknya untuk selekasnya bertaubat kepada Allah SWT serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu. 

2. Maksiat karena Kebodohan Masa Lalu 

Jenis maksiat yang ke-2 yakni maksiat yang dilaksanakan karen kebodohan masa lalu. Pasti kebanyakan orang pernah melakukan masa jahiliyah yaitu keadaan ketika kita tak tahu atau tidak ingin tahu mengenai semua perintah dan larangan dari Allah SWT. 

Pada bebrapa waktu ini begitu besar kemungkinan bagi manusia untuk lakukan satu perbuatan maksiat yg tidak di ketahui kalau perbuatan tersebut termasuk juga dosa. Itulah yang memicu sebagai manusia yang beriman harus selalu belajar serta menuntut ilmu. Apabila telah mengerti kalau perbuatan di waktu lalu itu termasuk juga kedalam maksiat, sebaiknya untuk selekasnya bertaubat kepada Allah SWT. 

3. Maksiat setelah Taubat 

Tidak bisa disangkal kalau ada saja golongan muslimin yang sering mengulangi kekeliruan masa lalu sesudah mereka melakukan taubat kepada Allah SWT. Perbuatan yang demikian ini termasuk juga kedalam jenis maksiat yang dikerjakan setelah bertaubat. 

Oleh karenanya, ketika telah bertaubat atas semua dosa dan maksiat yang dikerjakan, sebaiknya konsisten dan buanglah keinginan untuk mengulanginya sejauh mungkin. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya diri selalu berada dalam ketaatan kepada Allah SWT sampai akhir hayat. 

Sekianlah informasi tentang tiga maksiat yang perlu diwaspadai oleh golongan muslim. Ketika sudah tahu bahwa sebuah perbuatan itu nyatanya maksiat, berusahalah untuk menjauhinya dan selekasnya memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Dipublikasikan oleh sebiduksehaluan.blogspot.co.id
Dikutip dari www.infoyunik.com
Ketahuilah !!! Ini 3 Jenis Maksiat Yang Harus Kita Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra