LUAR BIASA !!! TERNYATA SAYURAN INI MEMILIKI KANDUNGAN GIZI YANG BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN

Pakis yaitu tanaman berbentuk rumpun, yang biasanya tumbuh baik didaerah kering dan lembab dan dibawah lingkungan yang teduh. Saat musim seminya (sekitaran April dan Mei), pakis akan menumbuhkan tunas daun muda yang masih tetap kuncup dengan bentuk ujung daun melengkung yang sama dengan kepala biola. Daun pakis muda yang dapat dipakai sebagai sayur biasanya sebelum daun itu jadi mekar. 


Pakis bertangkai hijau tua yang mempunyai ukuran sekitaran 4 cm, dengan mencapai ketinggian sekitaran 10-12 cm dari permukaan tanah. Tunas ditutupi dengan sisik berwarna coklat, yang perlu dikerok dulu sebelumnya dimasak. Daun pakis muda rasanya lembut, dengan rasa yang sama dengan asparagus, atau buncis dengan susunan yang renyah. 

Sayur pakis (Diplazium esculentum), banyak dikenal dibeberapa negara sebagai sayuran, misalnya India, Nepal, sampai dibeberapa daerah di Amerika dan Kanada. Di indonesia sendiri daun pakis muda sudah lama dipakai sebagai sayuran yang cukup disenangi, karena rasa dan teksturnya yang unik dan lezat. 

Manfaat tunas daun Pakis untuk kesehatan 

Pakis rendah kalori dan Mempunyai kandungan Omega 3 

Pakis memiliki banyak kandungan nutrisi utama, namun Tunas pakis muda keriting hanya mempunyai kandungan 34 kalori per 100 g. Walaupun demikian, pakis memiliki profil gizi yang bermutu tinggi, seperti terdiri dari manfaat anti-oksidan, vitamin, serta senyawa utama lain yaitu omega-3 dan omega-6. 

Tinggi vitamin A 

Daun pakis fresh demikian tinggi anti-oksidan vitamin A, dan karoten. 100 g pakis mempunyai kandungan 3617 IU atau 120% kepentingan harian vitamin A yang direferensikan. Vitamin A yakni anti-oksidan alami kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk melindungi integritas kulit dan membran lendir. Vitamin A juga yaitu vitamin yang demikian utama untuk pandangan. Studi riset perlihatkan bila makanan yang kaya vitamin A alami akan membantu tubuh terproteksi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. 

Mengandung senyawa flavonoid 

Pakis yakni sumber yang begitu baik dari banyak senyawa flavonoid poli-fenolik alami, seperti Alfa karoten dan Beta karoten. Karoten pada tubuh mengkonversi ke vitamin A. 

Pakis Tinggi vitamin C 

Rasa pakis yang manis dan unik datang dari tingginya vitamin C. 100 g daun pakis fresh mempunyai kandungan 26, 6 mg atau 44% dari yang diperlukan tubuh dalam sehari. Vitamin C vitamin larut air yang mungkin sebagai anti-oksidan. Bersama dengan senyawa flavonoid seperti karoten, Vitamin A membantu menghindar radikal bebas beresiko, serta perlindungan dari kanker, peradangan, batuk, virus flu dan demam. 

Mempunyai kandungan kalium tinggi 

Tunas daun pakis yakni sumber yang demikian baik dari mineral dan elektrolit, terutama kalium, zat besi, mangan dan tembaga. 100 g tunas pakis fresh mempunyai kandungan 370 mg atau 7% dari level kalium yang dibutuhkan/hari. Kalium yaitu elektrolit yang 


baik untuk jantung, yaitu yang akan membantu untuk kurangi tekanan darah dan detak jantung dengan melawan resikonya dari sodium. 

Kaya sebagian jenis dari vitamin B Kompleks 

Tidak cuma itu, pakis juga kaya vitamin esensial yang paling dibutuhkan oleh tubuh, yaitu beberapa vitamin dari group vitamin B. Beberapa dari vitamin B kompleks itu yakni seperti niacin, riboflavin, dan thiamin. 

Kandungan gizi lengkap tunas daun pakis (Matteuccia struthioreris) muda mentah segar. 

Nilai gizi per 100 g – Presentasi Nilai Gizi (RDA) 
 (Sumber : USDA) 

Daya 34 Kcal 1, 7% 
Karbohidrat 5, 54 g 4% 
Protein 4, 55 g 8% 
Keseluruhnya Lemak 0. 40 g 2% 
Cholesterol 0 mg 0% 
Vitamin 
Niacin 4, 980 mg 31% 
Riboflavin 0. 210 mg 16% 
Thiamin 0. 020 mg 1, 5% 
Vitamin A 3617 IU 120, 5% 
Vitamin C 26, 6 mg 44% Elektrolit 
Sodium 1 mg 1% 
Kalium 370 mg 8% 
Mineral 
Kalsium 32 mg 3% 
Tembaga 0. 320 mg 35, 5% 
Besi 1, 31 mg 16% 
Magnesium 34 mg 8, 5% 
Mangan 0. 510 mg 22% 
Selenium 0, 7 mcg 1% 
Zinc 0. 83 mg 7, 5% 
Phyto-nutrisi 
Karoten-ß 2040 ug – 
Karoten-α 261μg - 
Cara memproses, memilih dan peyimpanan Pakis 

Untuk peroleh tunas Pakis, tentukan hanya yang masih tetap fresh yang ditandai dengan ciri hijau terang, tegas, melingkar erat. Janganlah beli pakis yang sudah mekar dan besar, karena telah jadi kayu dan keras. 

Tunas atau daun pakis muda harus digunakan saat masih tetap fresh, apabila tidak simpan dalam lemari es dalam keadaan terbungkus plastik, dengan setelan kelembaban yang relatif tinggi akan tetaplah fresh hingga 2-3 hari. 

Terlebih dulu dimasak, kerik sisi-sisik coklat pada tunas dengan menggunakan kuas atau kain. Potong batang terutama ujungnya yang melingkar, buang segi bawah yang sudah mengeras. Bersihkan bersih semua segi dengan air dingin. Lantas pakis direbus dengan air asin/air garam selama 1-2 menit. Tiriskan dan buang airnya. System ini bisa diulang dua sampai tiga kali untuk menyingkirkan rasa pahit dan lendir. 

Pakis memiliki susunan yang renyah. Pakis fresh biasanya bisa dimasak dengan seperti yang dikerjakan pada asparagus. Overcook akan buat pakis jadi lembut dan lembek. Pakis dapat juga dikukus, ditumis, digoreng, atau dikombinasi dengan sayuran, kacang-kacangan, atau makanan laut. 

Keamanan makan Pakis 

Tidak semua jenis pakis yang banyak tumbuh di rimba pas untuk konsumsi manusia. Penggunaan periode panjang makan bermacam jenis pakis liar diketahui dapat menyebabkan kanker perut dan kerongkongan. Pakis jenis Pteridium aquilinum dijelaskan miliki potensi lebih tinggi menyebabkan kanker ini. Hanya pakis jenis ostrich yang bebas dari senyawa beracun penyebabnya kanker. Karena itu, optimis pakis yang akan anda masak yakni jenis yang aman, dan harus dikonfirmasi oleh tubuh pangan atau petani yang berkompeten dengan pakis
LUAR BIASA !!! TERNYATA SAYURAN INI MEMILIKI KANDUNGAN GIZI YANG BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra