9 Janji Allah, Untuk Orang-Orang Yang Beriman


Didalam Al Quran diterangkan berbagai janji Allah pada orang-orang yang beriman yang terdiri dari janji akhirat dan janji dunia. Janji akhirat mencakup berbagai kesenangan hidup kekal di surga dan janji ini tidak terhitung banyaknya. 

Tetapi untuk janji dunia, kita dapat urutkan jumlahnya dan dapat kita identifikasi jenis janjinya. Kurang lebih ada 9 hal yang dijanjkan Allah untuk orang-orang beriman didunia. Nah, apa saja 9 hal yang dijanjikan Allah pada orang beriman didunia itu? 

1. Diberikan Pertolongan 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : “… Dan Kami selalu berkewajiban membantu orang-orang yang beriman. ” (QS. Ar Ruum : 47) 

2. Diberikan Pembelaan 

Firman-Nya : ”Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang ber¬iman…” (QS. Al-Hajj : 38) 

3. Diberikan Perlindungan 

Firman Allah dalam Al Qur’an : ”Allah Pelindung orang-orang yang beriman…. ” (QS. Al Baqarah : 257) 

4. Diberikan Petunjuk 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya Allah adalah Pemberi petunjuk untuk orang- orang yang beriman kepada jalan yang lurus. ” (QS. Al Hajj : 54) 

5. Tidak Bisa Dikalahkan Oleh Orang Kafir 

Firman Allah Ta’ala : “Dan Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan pada orang-orang kafir. ” (QS. An Nisa : 141) 

6. Dijadikan Penguasa Di Muka Bumi 

Firman-Nya : “Dan Allah sudah berjanji pada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal saleh kalau Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia sudah menjadikan berkuasa orang-orang sebelum mereka, dan sungguh Dia akan meneguhkan (memberi kemapanan) agama yang sudah diridhai-Nya untuk mereka. ” (QS. An Nur : 55) 

7. Dibukakan Keberkahan Dari Langit Dan Bumi 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Jikalau sekiranya penduduk 


negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan pada mereka berkah dari langit dan bumi. ” (QS. Al A’raaf : 96) 

8. Diberikan Kekuatan 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, ”Padahal kemampuan (kemuliaan) itu hanya untuk Allah untuk Rasul-Nya, dan untuk orang-orang yang beriman (mukmin). ” (QS. Al Munafiquun : 8) 

9. Diberikan Kehidupan Yang Baik 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Barangsiapa mengerjakan amal saleh baik lelaki ataupun wanita dalam keadaan beriman, jadi sesungguhnya Kami akan berikan padanya kehidupan yang baik. ” (QS. An Nahl : 97) 

Demikian 9 hal yang dijanjikan Allah untuk orang-orang yang beriman didunia. Sungguh janji yang akan membuat orang-orang beriman ada dalam kesejahteraan. Tetapi pertanyaannya sekarang, kenapa banyak kaum muslim yang hidupnya miskin dan menderita? Bukankah Allah tidak akan pernah menyalahi janji-Nya? 

Sebelum kita berprasangka lebih jauh, ada dua hal yang perlu kita perhatikan. Hal yang pertama yaitu kesembilan janji itu Allah dikhususkan untuk orang-orang yang beriman. Jadi ada syarat yang perlu dipenuhi supaya janji itu berubah nyata. Syarat itu adalah berimannya seorang dengan sebenar-benarnya iman, bukan iman yang hanya ada pada pengakuan bibir semata. 

Jadi bila kita masih hidup menderita, hidup dibawah jajahan bayang-bayang orang lain, jadi kita tinggal bertanya benarkah pengakuan iman kita selama ini? Telah selaraskah pengakuan iman kita dengan amal perbuatan yang kita lakukan? Atau mungkin bibir mengakui iman, tetapi perilaku masih bergelut dengan kemaksiatan? 

Hal ke-2 yang perlu diperhatikan yaitu yang namanya kemuliaan dari Allah bukanlah terus-terusan soal harta benda yang melimpah. Banyak orang kafir yang diberikan harta benda bertumpuk-tumpuk tetapi semua itu bukanlah karena Allah memuliakan mereka. Itu semua justru merupakan sindiran dari Allah. Allah mengantar semua keinginan hawa nafsu mereka didunia, tetapi tiada bagian untuk mereka di akhirat terkecuali api yang menyala-nyala. 

Sedangkan orang beriman, walaupun hidupnya sederhana tetapi hatinya selalu tenang dengan kesederhanaan itu. Allah menyisipkan rasa cukup dalam hatinya, sampai mereka selalu mengucap syukur atas rizki yang dianugerahkan Allah. 

Wallahu A’lam
9 Janji Allah, Untuk Orang-Orang Yang Beriman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra