9 Cara Meramu Delima Sebagai Obat

Tanaman Delima dulu sering di tanam di pekarangan rumah oleh masyarakat. Saat saya masih kanak-kanak mudah sekali mengetahui tanaman delima di lingkungan rumah, karena sebagian tetangga menanamnya di tepi jalan di depan rumah. Namun, sekarang ini tanaman delima sepertinya makin susah diketemukan, terlebih di kota karena tempat untuk menanam tanaman buah semakin sempit. Kita baru dapat menjumpai buah delima di pasar, itupun bila sedang musim. Atau dapat dibeli di supermarket, pasti harga nya juga mahal karena delima telah termasuk buah langka. Terlebih bila Delima impor, wuih harga nya bisa selangit! 


Punica granatum atau Punica nana lebih populer dengan nama Pome atau Pomegranate (Inggris). Tanaman ini dapat tumbuh 5 m hingga 10 m, pantas orang dulu suka menanamnya di tepi jalan, karena tanaman delima termasuk juga tanaman yang rindang karena mempunyai percabangan yang banyak serta daun yang lebat.Meskipun di kenal kaya mafaat kesehatan tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana memakai tanaman Delima sebagai obat.

 Tersebut kami berikan resepnya. 

1. Obat Caicingan 

Bersihkan 7 gr akar delima yang sudah dikeringkan, lalu dipotong-potong, untuk kemudian di rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit, dinginkan, saring serta diminumkan pada penderita cacingan. 
Rebus kulit delima keringnya beserta serbuk biji pinang masing-masing 15 g dengan 3 gelas air. Didihkan dengan api kecil selama 1 jam. Dinginkan lalu saring lalu diminum sekalian sebelum makan pagi.

Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing 1/2 gelas. Aduk-aduk lalu diminum sekaligus. 
Masukan satu sendok makan bubuk biji delima kering dalam satu gelas jus nanas yang belum sangat masak. Aduk rata, minum waktu perut kosong.

2. Menyembuhkan Radang Gusi 

Bersihkan 7 kuntum bunga delima dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Dinginkan, saring serta dipakai untuk obat kumur. 

3. Obat Pendarahan 

Rebus bunga delima sebanyak 20 gr dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas. 

4. Obat Luka 

Canpur serbuk kulit buah delima atau bunga delima seperlunya dengan minyak wijen. Aduk rata, lalu berikan pada luka. 

5. Menyembuhkan Sariawan 

2 buah delima fresh yang telah masak, keruk berisi tersebut bijinya, lalu tumbuk hingga halus, lalu tambahkan satu gelas air aduk hingga rata, lalu saring, pakai airnya untuk obat kumur, lau ditelan. Lakukan 2-3 kali sehari, hingga sembuh. 

6. Sering Kencing/Beser 

Ambillah isi satu buah delima yang fresh serta masak, serta segenggam kucai lantas potong-potong sekedarnya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga bekas separuhnya, dinginkan. Minum air rebusan 2 kali satu hari sejumlah 3/4 gelas. 

7. Menyembuhkan Keputihan 

Rebus kulit 30 g delima kering serta 15 g herba sambiloto kering dengan 1 liter air, rebus hingga tersisa separuh airnya. Lalu dinginkan, disaring, menjadikan 3 sisi untuk diminum pagi, siang serta malam. Air rebusan ini juga dapat dipakai untuk bersihkan v4g!n4. 

8. Menyembuhkan Batuk Kronis 

Ambillah isi buah delima yang 1/2 masak, tiap-tiap malam sebelum tidur kunyahlah isi buah itu tersebut, buang bijinya. 

9. Menyembuhkan suara serak atau tenggorokkan kering 

Ambillah buah delima fresh, iris serta ambil berisi. Kunyah lalu buang bijinya. Lakukan 2-3 kali sehari.Semoga bermanfaat.

Sumber;Infoherbalis.com
9 Cara Meramu Delima Sebagai Obat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra