Jangan Isi Ulang Botol Bekas Dengan Air Minum, Bisa fatal Akibatnya

Banyak botol air minum yang terbuat dari plastik mencantumkan kode label yang menginformasikan bila botol itu tidak dianjurkan untuk di isi lagi. Hal semacam ini perlu diperhatikan karena paket plastik yang dimaksud di buat cuma untuk sekali pakai dan jangan pernah dipakai berulang-kali untuk wadah minuman. 

Sebagian orang tidak tahu dan tidak perduli dengan label itu. Biasanya label pada botol paket plastik itu berbentuk logo dan angka-angka yang memang sedikit di ketahui oleh beberapa orang sebagai customer. Di bawah ini beragam type type plastik yang perlu di ketahui. 

Biasanya plastik paket memiliki kode seperti di bawah ini, dan pada paket berupa botol kode itu biasanya ada di bagian bawah. 

1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) labelnya berupa angka 1 dalam segitiga umum dipakai untuk botol plastik yang transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. Botol-botol dengan bahan ini direferensikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pernah dipakai untuk menyimpan air hangat terlebih panas. 

2. HDPE (high density polyethylene) labelnya berupa angka 2 dalam segitiga umum dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Direferensikan hanya untuk sekali pemakaian. 

3. V atau PVC (polyvinyl chloride) labelnya berupa angka 3 dalam segitiga yakni plastik yang paling sulit di daur lagi. Plastik ini bisa di kenali pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Kandungan dari PVC yakni DEHA yang ada pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak apabila dipanaskan. PVC memiliki potensi mempunyai peluang untuk ginjal, hati dan berat badan. 

4. LDPE (low density polyethylene) labelnya berupa angka 4 dalam segitiga umum digunakan untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Beberapa barang dengan berkode ini dapat di daur lagi dan baik untuk beberapa barang yang membutuhkan fleksibilitas namun kuat. Barang ini bisa dimaksud tidak dapat di leburkan tetapi selalu baik untuk tempat makanan. 

5. PP (polypropylene) labelnya berupa angka 5 dalam segitiga yakni pilihan terbaik untuk bahan plastik terlebih untuk yang sehubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menaruh makanan, botol minum dan terutama botol minum untuk bayi. Ciri-ciriistik botol ini transparan yg tidak jernih atau berawan. 

6. PS (polystyrene) labelnya berupa angka 6 dalam segitiga umum dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan Polystyrene bisa buka bahan styrine ke pada makanan waktu makanan itu bersentuhan. Bahan Styrine memiliki kemungkinan untuk otak dan system syaraf. Bahan ini harus dijauhi dan banyak negara segi di Amerika sudah melarang penggunaan tempat makanan mempunyai bahan styrofoam termasuk negara China. 

7. Other (biasanya polykarbonat) labelnya berupa angka 7 dalam segitiga dapat diperoleh di tempat makanan dan minuman seperti botol minum berolahraga. Polykarbonat bisa keluarkan bahan dasarnya yakni Bisphenol-A ke pada makanan dan minuman yang mempunyai potensi mengakibatkan rusaknya system hormon. 

Lalu mengapa botol plastik sisa air mineral tidak dapat di isi lagi? Karena botol minuman itu biasanya mempunyai loabel PET atau PETE dengan logo segitiga dengan angka satu di dalamnya. 

Di sini kita akan mengulas lebih jauh mengenai plastik polyethylene terephthalate (PETE atau PET) dan kemungkinan bahayanya. Menurut American Chemistry Council, PETE telah dinyatakan aman oleh FDA dan International Life Science Institute (ILSI). Namun American Chemistry Council memperingatkan kalau product yang di buat dari PET hanya dapat dipakai sekali pakai. 

Studi yang ditangani beberapa waktu terakhir perlihatkan kalau pemakaian lagi botol yang terbuat dari PET kenyataannya memiliki kemungkinan. Didapati kalau PET bersamaan berjalannya waktu akan luruh dan meresap ke pada minuman waktu botol itu di pakai lagi. Racun yang disebut DEHA ini bisa dibuktikan dapat mengakibatkan permasalahan di hati, masalah kelenjar endoktrin, kesusahan peroleh keturunan, serta dicurigai bisa menyebabkan kanker pada manusia. Karena itu, yang terbaik yaitu mendaur lagi botol-botol ini, jangan pernah menggunakannya berulang-kali. 

Mulai saat ini, anda yang punyai rutinitas memakai botol sisa air mineral untuk wadah air minum sebaiknya tinggalkan kebiasaan terebut. Waktu air mineral yang anda beli telah habis diminum, remaslah botolnya dan buanglah di tempat sampah. Bentuk botol yang sederhana dan ringan memang menarik untuk menjadikan wadah air minum, namun bahaya yang meneror lebih lebih mengerikan.

Sumber;Media-Kesehatan.com
Jangan Isi Ulang Botol Bekas Dengan Air Minum, Bisa fatal Akibatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra