TIPS MANGATASI GIGITAN ULAR ATAU TERTUSUK BENDA BERKARAT


Tidak ada yang bisa menebak kapan peristiwa buruk menimpa diri Anda, namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga jika suatu waktu Anda sampai digigit ular berbisa, lipan, kalajengking hingga takut diserang infeksi beresiko apabila tersusuk benda tajam yang berkarat. 

Nah, sebelum peristiwa tidak dikehendaki berlangsung pada diri Anda sendiri atau orang lain karena insiden di atas itu yang bisa merenggut nyawa seseorang. Sebaiknya Anda tahu bagaimana bertindak pertolongan pertama untuk menghindar racun beresiko menyebar pada badan karena peristiwa di atas. 

Serta tersebut langkah melakukan pertolongan pertama agar racun tidak menebar luas pada tubuh : 

  • Pertama sediakanlah minyak goreng bersih beberapa 1 sendok makan 
  • Lalu ambil kain perca lalu robek dalam ukuran agak besar kain/pakaian yang telah tidak layak pakai yang berbahan dari benang atau kapas. Janganlah memakai kain berbahan nilon. 
  • Siapkan satu buah korek api. 
  • Gulung kain perca, lalu celupkan ujungnya dalam minyak goreng. Lalu bakar sisi yang basah oleh minyak.

Biarlah beberapa saat sampai api menyala, lalu cambukan pelan-pelan kebagian yang digigit atau yang luka oleh benda berkarat. Cambukkan pada luka beberapa 8 – 10 kali, jangan lebih dari 10 kali, karena bisa menyebabkan luka bakar. 

Setelah Anda melakukan pertolongan pertama, sebaiknya bawa orang itu ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk dikerjakan penyembuhan selanjutnya.

Sumber;Media-Kesehatan.com
TIPS MANGATASI GIGITAN ULAR ATAU TERTUSUK BENDA BERKARAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra