Hal Berbahaya Senter Laser untuk Anak-anak


Satu peringatan untuk kita sebagai orang-tua. Laser pointer bukanlah mainan anak-anak. Seperti yang ditulis ABC Australia, seorang remaja dari Tasmania kehilangan 75 % kemampuan penglihatannya karena bermain dengan benda itu yaitu laser pointer. Dokter di seluruh dunia memperingatkan beberapa orang-tua kalau beresiko saat mengarahkan laser pointer ke mata. 

Sesudah bermain dengan mainan yang popular dengan nama “senter laser” itu, seorang anak lelaki berusia 14 th. mengalami kerusakan permanen pada penglihatannya dan pergi berobat pada Dr. Ben Armitage. 

Dr. Armitage mengemukakan kalau anak itu mengalami kerusakan 75% dari penglihatannya karena sinar laser dari laser pointer yang diarahkan pada matanya selama beberapa waktu. 

Bagian belakang matanya terbakar oleh sinar laser, yang berarti kerusakan itu dapat mencapai pupil matanya. 

Walaupun remaja itu tidak terasa sakit saat kejadian, penglihatannya rusak dengan waktu itu juga. Dr Armitage menjelaskan kalau kerusakan paling serius terjadi dibagian tengah mata, dan itu tidak bisa diperbaiki dengan kacamata sekalipun. 

Pusat Studi Radiologi dari US FDA (Food and Drug Administration) telah menunjukkan kalau laser pointer dengan intensitas sinar 5 mW dapat mengakibatkan kerusakan mata, sedang yang memiliki kemampuan pada 3 dan 5 mW belum ada masalah cedera yang dilaporkan. 

Sebaiknya orang-tua waspada dan mengawasi apa yang menjadi mainan anak-anak. Keamanan yaitu yang utama. 

sumber : http :// www. healthtipsportal. com
Hal Berbahaya Senter Laser untuk Anak-anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra