KHASIAT AKAR DAN DAUN POHON BERINGIN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA




Pohon beringin sangat identik dengan semua sesutu yang berbaru mistis. Bnyak orang berasumsi pohon besar itu suci serta tempat kekuatan magis berkumpul. Seringkali juga orang yang memikirkan apabila tempat di sekitar pohon beringin yakni tempat yang ” angker ” ‘ 

Di balik semua rahasia yang terimpan, pohon beringin ternyata mempunyai manfaat besar dalam mengobati beberapa penyakit. 

Beringin yang bernama Latin Ficus benyaamia L, memiliki ketinggian sekitar 20-25 m. Batangnya tegak, bulat, dengan permukaan kasar. Di bagian batang ini keluar akar gantung (akar udara). Pohon yang disebut waringian pada orang-orang Jawa serta Sumatra ini, memiliki bentuk daun tunggal, bertangkai pendek, dengan letak bersilang bertemu. Bunganya tunggal, keluar dari ketiak daun, sebentar buahnya buni berwarna hijau waktu masih tetap muda serta merah setelah tua. 

Kandungan :
Akar udara yang ada dibagian batang pohon beringin mempunyai kandungan asam amino, fenol, gula, dan asam orange. Memiliki rasa yang sedikit pahit, namun sejuk. 
 Manfaat : 

Akar dan daun yakni bagian dari tanaman yang berguna untuk mengatasi pilek, demam tinggi, radang amandel (tonsilitas), nyeri pada rematik sendi, dan luka terpukul (memar). Sebentar daunnya bermanfaat mengobati influenza, radang saluran napas (bronkitis), batuk rejan (pertusis), malaria, radang usus akut (akut enteritis), disenteri, dan kejang panas pada anak. 

Ramuan dan Takaran : 

Tangani kejang panas pada anak. 
Siapkan sekitar 100 gr daun beringin fresh. Bersihkan bersih lalu rebus bersamaan 5 liter air selama 25 menit. Gunakan air rebusan ini ketika hangat untuk memandikan anak yang sakit. 

Obat amandel. 

Untuk mengobati amandel, kita memerlukan akar hawa beringin. Sediakan akar udara beringin sebanyak sekitar 180 gr, lalu siakan juga cuka sebanyak 1 gelas. 

Rebus akar beringin dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Sebelum direbus sebaiknya potong-potong dahulu akar beringinnya. Setelah di rebus tambahkan cuka lalu biarkan air rebusannya dingin.. 

Cara memakainya, pakai hanya kumur, serta kerjakan beberapa kali sehari.

Sumber;Media-Kesehatan.com
KHASIAT AKAR DAN DAUN POHON BERINGIN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra