AWAS, JANGAN MELAKUKAN HAL INI KETIKA MEMASAK DI DAPUR

Apakah pernah Anda memikirkan kesibukan yang membahayakan nyawa di dapur? Anda perlu tahu beberapa hal yang perlu Anda jauhi agar tidak berlangsung sesuatu yg tidak dikehendaki. 


Sudah dapat dibuktikan, seorang mengalami kecelakaan saat menggunakan alat tajam yang ada di dapur, seperti pisau. Oleh karenanya, Anda sebaiknya lebih waspada lagi saat akan memasak.

 Tersebut beberapa yang perlu Anda kerjakan untuk hindari bahaya yang ada di dapur. 

1. Memakai alat pengiris mandolin tanpa penjaganya 

Perlu Anda ketahui, kalau pisau dan mandolin adalah benda yang sangat tajam dan memiliki resiko. Bahkan dapat mengakibatkan jari Anda teriris apabila tidak disengaja. Oleh karenanya, baiknya Anda pakai pelindung jari untuk hindari hal yang berbahaya. 

2. Mengacak laci yang penuh benda tajam 

Terkadang orang menyimpan alat dapur di dalam laci dapur, bahkan terkadang pisaupun Anda simapan di dalam laci. Cara seperti ini, jadi akan membayakan Anda. Karena, Anda harus mengacak laci untuk waktu akan memakai benda tajam untuk memasak. 

Simpanlah alat dapur yang tajam dan berbahaya di tempat yang khusus. Cara ini untuk hindari Anda dari bahayanya saat memasak. Sampai, pisau atau benda tajam yang lain tidak tercampur dengan alat masak yang lain dan Anda akan aman waktu memasak. 

3. Keluarkan sesuatu yang ada di dalam oven 

Terkadang beberapa orang terlalu menganggap remeh saat memasak. Bahkan tidak disadari, kesibukan memasak Anda dapat juga membahayakan Anda. Misalnya saat Anda menggunakan oven. Seringkali Anda lupa menggunakan pengaman tangan, sampai terjadi kecelakaan kecil. 

Sebaiknya, gunakan selalu pengaman tangan saat menggunakan oven. Karena, panasnya oven akan membahayakan tangan Anda. 

4. Pakai pembuka botol 

Saat buka paket kaleng, orang biasanya lebih tentukan menggunakan pisau sampai mencelakakan sendiri. Sebaiknya, gunakan pembuka botol atau pembuka pribadi yang sama seperti manfaatnya. 

5. Menyentuh mata waktu selesai memotong cabe 

Waktu Anda selesai memotong bawang, terkadang dengan tidak berniat Anda menyentuh mata sampai terasa perih dan keluarkan air mata seperti menangis. Demikian halnya saat Anda selesai mengiris cabe, tanpa ada berniat mengucek mata sampai mata lebih teras perih dan dianjurkan untuk segera mencucinya dengan air bersih. 

6. Memakai pisau tumpul 

Tahukah Anda, apabila pisau tumpul itu jauh lebih memiliki resiko dibanding dengan pisau yang tajam. Oleh karenanya, baiknya hindari pisau yang tumpul saat memasak. 

7. Memakai baju panjang atau yang memiliki bahan mudah terbakar 

Dan peristiwa yang terakhir ini mungkin saja pernah dihadapi oleh beberapa orang. Sebelum Anda memasak, baiknya perhatikan baju yang Anda gunakan. Karena baju juga dapat mengakibatkan kecelakaan saat memasak, terlebih pada bahan baju yang mudah terbakar dan pakaian yang panjang. Berbagi hal semacam ini ke ibu rumah tangga atau teman kita yang sering masak .

Mudah-mudahan bermanfaat

Sumber;Media-Kesehatan.com
AWAS, JANGAN MELAKUKAN HAL INI KETIKA MEMASAK DI DAPUR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra