Inilah Tiga Harta yang Paling Utama Dan Berharga Bagi Seorang Muslim

Ada 3 harta seorang muslim di muka bumi. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda, " Harta yang paling utama yaitu lisan yang selalu berdzikir, hati yang selalu bersukur, dan istri yang beriman yang selalu membantunya menjaga imannya. " (HR. Tirmidzi). 


Beberapa ulama menjelaskan bahwasannya ketiga karunia itu bersifat kasabi. Artinya harus ada usaha yang dilakukan oleh manusia bila ingin memperolehnya. Seperti nikmat iman, ia membutuhkan pengetahuan dan amal yang terus menerus supaya bisa melekat dalam hati. . 

1. Lisan yang selalu berdzikir. 

Tidak ada orang yang tiba-tiba jadi pakar dzikir, tanpa ada terlebih dahulu ia ketahui keutamaan-keutamaan dzikir dan manfaat apa yang akan diperoleh saat ia rajin berdzikir. 

2. Hati yang pandai bersukur. 

Selain bersyukur pada Allah, kita juga dituntut untuk selalu melatih hati kita supaya terbiasa bersyukur. Salah satu contoh latihannya yakni dengan membiasakan melihat orang yang lebih rendah dari kita. Seperti orang yang lebih miskin, orang cacat atau orang yang sedang sakit. 

3. Istri yang shalihah 

Istri yang shalihah yaitu perhiasan terindah dunia. Dengannya rumah tangga jadi sejuk dan sakinah. Masa depan anak-anak jadi cerah ketika dibina oleh seorang ibu yang shalihah. Akan tetapi, jangan sampai lupa istri yang shalihah juga manusia. Ia butuh makan dan saran. Jadi kewajiban kita memenuhi kebutuhannya dan selalu memberikannya saran baik dengan perkataan ataupun dengan keteladanan. Supaya ia lebih ringan menjaga keshalihannya.
Inilah Tiga Harta yang Paling Utama Dan Berharga Bagi Seorang Muslim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra