PENTING: Kriteria Ini Juga Penting Dalam Memilih Calon Pendamping Hidup

Kriteria Ini Juga Utama Dalam Memilih Calon Pendamping Hidup - Salah satu kriteria dalam memilih calon pendamping hidup adalah Al-Kafa'ah (sekufu), yang disebut dengan sekufu atau al-kafa'ah adalah sebanding dalam hal kedudukan, agama, nasab, rumah dan lainnya. 


Al-Kafa'ah secara syariat menurut sebagian besar ulama adalah sebanding dengan agama, nasab (keturunan), kemerdekaan dan pekerjaan. Atau dengan kata lain kesetaraan dalam agama dan sosial. 

Allah SWT berfirman : " Wanita-wanita yang keji adalah untuk lelaki yang keji, dan lelaki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (juga), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (juga). " (QS. An-Nur : 26). 

Salah satu hikmah dari anjuran ini adalah kesetaraan dalam agama dan kedudukan sosial bisa jadi faktor kelanggengan dalam rumah tangga. 

Hal semacam ini diisyaratkan oleh kisah Zaid Bin Haritsah r. a. seorang sahabat yang paling di cintai oleh Rasulullah SAW. Dinikahkan dengan Zainab Binti Jahsy r. a. Zainab adalah wanita terpandang dan cantik, sedangkan Zaid adalah lelaki biasa yg tidak tampan. Walhasil, pernikahan mereka juga tidak berlangsung lama. 

Jika masalah seperti ini terjadi pada sahabat Rasulullah SAW. apalagi pada kita?  
Sumber : tolongbagikan
PENTING: Kriteria Ini Juga Penting Dalam Memilih Calon Pendamping Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra