Pakaian Tradisional Wanita Bima Membuktikan Hijab Bukanlah Budaya Arab Saja

“Hijab itu budaya Arab! Bukan budaya Nusantara! ” | wets, nyatanya yang ngomong begini belum mengerti budaya asli Nusantara dengan baik dan menyeluruh. 

Perkenalkan, ini yaitu Rimpu, baju tradisional wanita Bima, Nusa Tenggara Barat. Rimpu ini ada dua, yakni Rimpu Mpida dan Rimpu Colo. 

Pakaian Tradisional Wanita Bima Membuktikan Hijab Bukanlah Budaya Arab Saja


Rimpu Mpida yaitu Rimpu yang ada cadarnya, menutupi wajah si wanita. Umumnya wanita yang menggunakan Rimpu Mpida ini masih belum menikah. 

Sedang Rimpu Colo yaitu Rimpu yang tidak ada cadar. Umumnya digunakan oleh ibu-ibu atau mereka yang telah menikah. 

Yang membuat hijab syar’i ini demikian khas adalah bahannya, lantaran kain yang digunakan sebagai khimar (kerudung) dan jilbab (gamis) adalah kain sarung khas Bima, namanya sarung Nggoli. 

Begitulah, bisa kita rasakan pengaruh Islam sangat kuat terhujam dalam budaya Nusantara. Jadi yang menyampaikan bahwa “hijab budaya Arab” adalah mereka yg liberal serta terkotakan dalam pemikiran sempit warisan penjajah. 

Fyi, bahkan juga dulu para wanita keraton Kesultanan Yogyakarta pada berhijab. Mengenai pakaian kebaya dan kemben, dulu yaitu pakaian yang digunakan oleh budak-budak yang di kirim oleh Raja Bali untuk sultan-sultan di Yogya sebagai hadiah. 

Tetapi sesudah kekalahan pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa (1830), budaya barat yang dibawa penjajah kafir Belanda sangat kuat merasuki kehidupan di keraton, hingga dapat kita lihat, hari ini ‘sebagian’ budaya kita jauh dari kata syar’i. 

Tetapi, orang-orang  itu tak mampu menghancurkan syari’at dan budaya kita dengan cara sempurna. Buktinya, budaya syar’i peninggalan Kesultanan Bima masih berbekas sampai zaman sekarang. 

Lah kok sepi pengedukasian mengenai budaya kita yang satu ini yah? Jujur saya juga baru tahu belum lama ini. Jadi yang lebih ditonjolkan yaitu budaya-budaya kita yang jauh dari syari’at. 

Yah, begitulah tantangan zaman 😊 yg tentu bisa kita simpulkan, kalau : 

#hijabsyari, trend sepanjang masa. Dulu, kini, dan nanti. Kapanpun, dimana saja. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. 

Like dan Share Serta Tag 5 Sahabatmu Sebagai Bentuk Dakwah Kita….
Pakaian Tradisional Wanita Bima Membuktikan Hijab Bukanlah Budaya Arab Saja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zahra